Agen otonom terbaru untuk tingkatkan kinerja tim
Read the English version here
Hingga saat ini, 60 persen bisnis yang terdaftar dalam Fortune 500 telah menggunakan Microsoft 365 Copilot untuk mempercepat hasil bisnis dan memberdayakan tim mereka. Dengan Copilot yang mendukung tim penjualan, Lumen Technologies memproyeksikan penghematan biaya sebesar USD50 juta setiap tahunnya. Honeywell* menganalogikan peningkatan produktivitas ini layaknya menambah 187 karyawan penuh waktu, sementara Finastra mengurangi waktu produksi kreatif dari tujuh bulan menjadi tujuh minggu.
Hari ini, kami mengumumkan kemampuan baru yang akan mempercepat pencapaian tersebut dan membawa proses bisnis bertenaga AI ke dalam setiap organisasi:
Pertama, kapabilitas untuk menciptakan agen otonom dengan Copilot Studio akan tersedia dalam mode pratinjau publik (public preview) bulan depan.
Kedua, kami memperkenalkan sepuluh agen otonom baru di Dynamics 365 untuk meningkatkan kapasitas tim penjualan, tim pelayanan, tim keuangan, dan tim supply chain.
Copilot adalah asisten AI Anda – dia bekerja untuk Anda – dan Copilot Studio memungkinkan Anda untuk membuat, mengelola, serta menghubungkan agen ke Copilot dengan mudah. Posisikan agen sebagai aplikasi baru untuk dunia yang didukung AI. Setiap organisasi akan memiliki sekelompok agen — mulai dari agen berbentuk prompt dan respons yang sederhana, hingga agen yang sepenuhnya otonom. Mereka akan bekerja atas nama individu, tim, atau fungsi tertentu untuk mengeksekusi serta mengorkestrasi proses bisnis. Copilot adalah cara Anda berinteraksi dengan agen-agen ini, dan mereka akan melakukan segalanya; mulai dari mempercepat lead generation, memproses pesanan, hingga mengotomatisasi proses supply chain Anda.
Memberdayakan lebih banyak pelanggan untuk membangun agen otonom di Copilot Studio
Awal tahun ini, kami mengumumkan serangkaian kemampuan baru di Copilot Studio, termasuk kemampuan untuk membuat agen otonom. Bulan depan, kemampuan ini akan beralih dari mode private preview ke public preview, memungkinkan lebih banyak pelanggan untuk mempertimbangkan bagaimana AI dapat berperan dalam proses bisnis krusial mereka. Agen-agen ini menggunakan konteks dari data Anda di Microsoft 365 Graph, sistem pencatatan Dataverse dan Fabric, serta dapat mendukung segala hal mulai dari helpdesk IT hingga orientasi karyawan baru, dan bertindak sebagai asisten pribadi untuk penjualan maupun layanan.
Organisasi seperti Clifford Chance, McKinsey & Company, Pets at Home, dan Thomson Reuters telah menciptakan agen otonom untuk meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya, dan memperluas dampak bisnis mereka. Pets at Home, bisnis perawatan hewan peliharaan terkemuka di Inggris, menciptakan agen untuk tim profit protection-nya agar mereka lebih efisien dalam menyusun kasus yang perlu ditinjau oleh manusia yang terampil—berpotensi menghasilkan penghematan tahunan hingga tujuh digit. McKinsey & Company menciptakan agen yang membantu proses onboarding bagi klien. Hasil uji coba menunjukkan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan leads berkurang hingga 90% dan kerja administratif berkurang hingga 30%. Thomson Reuters membangun agen professional untuk mempercepat proses legal due diligence, dengan percobaan pertama menunjukkan bahwa tugas-tugas tersebut dapat diselesaikan dalam setengah waktu yang diperlukan. Agen ini memungkinkan Thomson Reuters meningkatkan efisiensi kerja untuk klien dan meningkatkan pipeline bisnis barunya.
Meningkatkan tim Anda dengan 10 agen otonom baru di Dynamics 365
Agen otonom baru memungkinkan pelanggan untuk beralih dari aplikasi bisnis lama ke proses bisnis berbasis AI. Sekarang, AI merupakan standard ROI baru dan akan menjadi keunggulan kompetitif masa depan. Agen-agen baru ini dirancang untuk membantu tim penjualan, tim pelayanan, tim keuangan, dan tim supply chain dalam mendorong nilai bisnis — dan ini semua hanyalah permulaan. Kami akan menciptakan lebih banyak agen di tahun mendatang, memberikan keunggulan kompetitif yang dibutuhkan pelanggan untuk mempersiapkan organisasi mereka di masa depan. Hari ini, kami memperkenalkan sepuluh agen otonom ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:
Sales Qualification Agent: Pada profesi di mana waktu benar-benar setara dengan uang, agen ini memungkinkan tim penjualan untuk fokus membuka peluang penjualan dengan prioritas tertinggi, sementara agen tersebut mengidentifikasi prospek, membantu memprioritaskan peluang, dan menjangkau pelanggan potensial dengan email dan respons yang dipersonalisasi.
Supplier Communications Agent: Agen ini memungkinkan pelanggan untuk mengoptimalkan rantai pasok mereka dan meminimalisir gangguan berbiaya besar dengan secara mandiri memantau kinerja pemasok, mendeteksi keterlambatan, dan merespons sesuai kebutuhan — membebaskan tim pengadaan dari pemantauan manual yang memakan waktu dan tenaga.
Customer Intent dan Customer Knowledge Management Agents: Sebuah bisnis hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama yang menarik, dan kedua agen ini adalah game changer bagi tim layanan pelanggan (customer care) yang sedang menghadapi volume panggilan tinggi namun kekurangan tenaga kerja, dan perlu menghadapi ekspektasi pelanggan yang tinggi. Para agen ini bekerja sama dengan customer service representative dengan mempelajari cara menyelesaikan masalah pelanggan dan secara mandiri mempelajari artikel berbasis pengetahuan untuk meningkatkan praktik terbaik di seluruh tim layanan pelanggan.
Seiring dengan semakin banyaknya agen AI di perusahaan, pelanggan perlu meyakini bahwa mereka memiliki tata kelola data dan keamanan yang kuat. Agen yang tersedia melalui Dynamics 365 mematuhi komitmen keamanan, privasi, dan AI yang bertanggung jawab. Agen yang dibangun di Copilot Studio juga telah mengikuti standar pengaman dan kontrol yang ditetapkan oleh instruksi, pengetahuan, serta tindakan yang ditentukan oleh pembuatnya. Sumber data yang terhubung dengan agen AI telah mematuhi langkah-langkah dan kontrol keamanan yang ketat — dan semuanya dapat dikelola di Copilot Studio. Ini termasuk pencegahan kehilangan data, protokol autentikasi yang kuat, dan lainnya. Setelah agen-agen ini dibuat, administrator IT dapat menerapkan serangkaian fitur komprehensif untuk mengatur penggunaannya.
Transformasi Microsoft
Di Microsoft, kami menggunakan Copilot dan agen untuk membayangkan kembali proses bisnis di seluruh fungsi, sembari memberdayakan karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka. Melalui penggunaan Copilot, satu tim penjualan telah berhasil mencapai penjualan 9,4% lebih tinggi per orang dan menghasilkan 20% lebih banyak kesepakatan**. Berkat Copilot, tim tersebut berhasil menyelesaikan kasus layanan pelanggan dengan waktu penanganan rata-rata hampir 12% lebih cepat***. Tim pemasaran kami juga melihat peningkatan sebesar 21,5% dalam tingkat konversi pada Azure.com melalui agen yang dirancang khusus untuk melayani para pelanggan****. Sedangkan pada tim Human Resources, agen layanan mandiri (self-service) karyawan kami telah membantu menjawab pertanyaan karyawan dengan akurasi 42% lebih tinggi*****.
Dengan Copilot dan agen, potensi yang dimiliki tidak terbatas dan kami tidak sabar untuk melihat apa yang akan Anda kembangkan. Mulailah membangun agen di Copilot Studio hari ini. Baca lebih lanjut tentang kemampuan agen otonom di blog Copilot Studio dan Dynamics 365. Kunjungi WorkLab untuk informasi lebih lanjut tentang transformasi AI di Microsoft.
-SELESAI-
* Statistik berasal dari survei internal Honeywell terhadap 5.000 karyawan di mana 611 karyawan merespons.
** Data internal tim penjualan Microsoft berdasarkan 687 penjual Microsoft 365 Copilot, Jan – Jun 2024, dibandingkan penjual dengan penggunaan Copilot yang rendah. Yang dimaksud penggunaan Copilot secara teratur berarti penjual yang menggunakan Copilot setiap hari, setidaknya 50% per hari selama periode pengujian.
*** Eksperimen internal CSS yang dilakukan oleh Microsoft, 600 peserta menggunakan fungsi Q&A Copilot, tim Azure Core, Nov – Des 2023. Hasil ini secara statistik signifikan pada interval kepercayaan 95%.
**** Data internal tim Pemasaran Microsoft, Jun – Sep 2024. Konversi berarti memulai proses pendaftaran akun gratis di Azure.com.
***** Eksperimen internal HR yang dilakukan oleh Microsoft, 33 peserta, Okt 2024. Hasil ini secara statistik signifikan pada interval kepercayaan 95%.